Ayahkeren.id – Salah satu cara memajukan bisnis adalah dengan cara Kolaborasi, sebab cara menuju kesuksesan dan memperluas jangkauan bisnis tidak dapat hanya dilakukan sendirian. Dalam bisnis, siapa pun memerlukan tim maupun partner. Meski sudah memahami tentang betapa pentingnya sebuah kolaborasi dalam bisnis, masih banyak juga yang gagal pada tahapan ini (kolaborasi). Maka dari itu, untuk sukses menjalin kolaborasi dalam bisnis, berikut adalah tips yang dapat Anda terapkan

TUJUAN JELAS

Studi dari Workboard menunjukkan bahwa 69% dari perusahaan yang memiliki kinerja tinggi menilai bahwa mengomunikasikan tujuan bisnis secara jelas adalah strategi utama mereka dalam menyusun tim dengan kinerja terbaik. Sebelum memulai kolaborasi bersama tim, Anda dan seluruh anggota tim lainnya harus memiliki tujuan yang jelas, dan Anda perlu mendiskusikannya bersama rekan-rekan.

BERI KESEMPATAN

Sebagai pemimpin yang baik, Anda juga perlu memberikan kepercayaan kepada bawahan Anda. Sesekali, beri mereka peran untuk menjadi penanggung jawab urusan tertentu. Misalnya, di saat tim Anda tengah mengerjakan suatu proyek, Anda perlu memberikan kesempatan kepada anggota untuk menjadi penanggung jawab yang memimpin jalannya proyek tersebut. Dengan demikian, Anda juga memberi kesempatan kepada orang lain untuk belajar.

TEMPAT BERBAGI USULAN

Bagaimana cara Anda mendengarkan ide-ide orang lain sambil mengembangkannya dengan ide Anda sendiri? Jika Anda menginginkan kolaborasi yang baik bersama para anggota tim, Anda tidak boleh menentukan semua keputusan seorang diri. Luangkan waktu untuk mendengar pendapat anggota tim Anda, sekaligus memberikan ruang diskusi bagi mereka.

FLEKSIBLE

Ketika Anda bekerja bersama tim, Anda juga perlu menyadari kebutuhan orang lain di sekitar. Jika Anda tidak menyadari kebutuhan mereka, Anda mungkin akan sulit menghindari situasi yang canggung. Anda perlu menjadi fleksibel sehingga kolaborasi di antara Anda dan tim pun semakin baik. Jika Anda ingin mengajak teman untuk saling mendengarkan, di dalam tim akan tercipta kepercayaan dan transparansi.

RENDAH HATI

Kerendahan hati adalah salah satu komponen yang paling penting dalam kolaborasi tim. Kolaborasi akan berjalan semakin baik ketika semua orang dalam tim cukup rendah hati untuk menerima apa yang dibawa oleh orang lain. Kerendahan hati dalam hal ini dapat Anda wujudkan dengan cara Anda merespons orang lain yang menantang ide Anda atau ketika Anda menantang ide mereka.

Coba tanyakan pada diri sendiri, apakah Anda menanggapi tantangan dengan cara yang tenang atau Anda justru menghakimi mereka? Mulai bersikap rendah hati dari diri Anda sendiri. Selanjutnya, jadikan ini sebagai kultur dalam tim sehingga Anda dan rekan bisa meningkatkan produktivitas kerja bersama-sama.

Sumber: dari berbagai sumber

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.