Ayahkeren.id – Sebagai pekerja kantoran umumnya kita menghabiskan lebih banyak waktu dengan duduk di kantor. Padahal, duduk terlalu lama bisa meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, mulai dari nyeri otot leher, nyeri punggung dan pinggang, hingga obesitas (kegemukan). Berikut ini beberapa tips menghadapinya. Check it out!

PERENGGANGAN SEDERHANA

Duduk seharian bukan berarti Anda tidak bisa bergerak aktif. Sebenarnya, Anda bisa menyempatkan diri untuk melakukan peregangan sederhana bahkan sambil duduk.

LEG EKSTENTION : Duduklah tegak di kursi. Kemudian angkat satu kaki lurus ke depan. Tahan dalam tiga hitungan dan ulangi untuk kaki yang satunya. Lakukan sebanyak 3 set dengan 10 kali pengulangan di setiap kaki.

ARM CIRCLES : Tetap duduk dalam posisi tegak. Rentangkan tangan ke samping, membentuk huruf T. Putar pundak Anda ke depan sebanyak 20 kali putaran dan ke belakang dengan jumlah yang sama. Ulangi gerakan sebanyak 2 hingga 3 kali untuk mencegah sakit leher. Dengan begitu Anda akan tetap fit dan sehat selama di kantor.

SEATED PRESS UP : Lakukan peregangan ini di kursi yang tidak beroda agar lebih aman. Duduk tegak dengan telapak kaki menempel di lantai. Letakkan tangan di samping tubuh menyentuh pegangan. Dengan menumpu pada tangan dan kaki, angkatlah tubuh Anda sehingga bokong Anda sedikit melayang di atas bangku. Tahan tubuh Anda di atas sebanyak 3 hitungan, lalu kembali letakkan bokong Anda ke kursi. Lakukan sebanyak 10 kali pengulangan.

MINUM DENGAN CANGKIR

Pilihlah untuk minum di cangkir atau gelas ketimbang di botol. Meski sepele tindakan ini bisa membuat tubuh Anda tetap aktif bergerak walaupun pekerjaan dihabiskan dengan banyak duduk.

BAWA BEKAL

Bawa bekal sendiri, dengan kebersihan dan nutrisi yang terjamin. Pilih makan di luar ruangan kantor, yang memungkinkan tubuh Anda bergerak dan membakar kalori. Selain tidak mengotori meja, makan di tempat lain juga mencegah konsentrasi saat makan teralihkan pada pekerjaan.

POSISI DUDUK

Pastikan postur tubuh yang baik saat bekerja. Jangan duduk dengan tubuh condong ke depan, belakang, maupun ke samping. Agar Anda dapat duduk tegak dengan nyaman, posisikan keyboard, monitor, dan mouse Anda di lokasi yang tepat. Pastikan monitor tidak jauh supaya pandangan Anda tetap nyaman tanpa perlu menyipitkan mata ketika menatap layar.

Sumber: dari berbagai sumber

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.