Ayahkeren.id – Olahraga memberi banyak manfaat bagi kesehatan, selain menjauhkan dari penyakit fisik seperti penyakit jantung koroner, obesitas, hipertensi, osteoporosis, kanker kolon, kanker payudara, dan diabetes melitus, olahraga juga dapat menjauhkan kita dari gangguan jiwa seperti depresi. Olahraga membuat Anda lebih sehat jasmani sekaligus lebih sehat jiwa. Namun berapa sesungguhnya durasi olahraga sesuai usia?

PADA USIA 18-64 tahun, WHO (World Health Organization) merekomendasikan minimal olahraga aerobik dengan intensitas sedang selama 150 menit per minggu atau olahraga aerobik dengan intensitas tinggi selama 75 menit.

JENIS OLAHRAGANYA:

TIPE AEROBIK

Olahraga yang direkomendasikan adalah olahraga tipe aerobik. Beberapa jenis olahraga yang termasuk dalam golongan olahraga aerobik adalah:

  • Berlari (jogging)
  • Berjalan cepat
  • Berenang
  • Bersepeda

Bagaimana bila olahraga intensitas sedang saja sudah terlalu berat untuk Anda?
Jika Anda sudah ngos-ngosan bahkan saat melakukan olahraga intensitas sedang, Anda bisa mulai hidup aktif dengan melakukan aktivitas lainnya yang lebih ringan.

Beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan adalah perbanyak berjalan kaki (misalnya menghindari menggunakan kendaraan ketika pergi ke toserba dekat rumah atau sekadar berjalan-jalan keliling mall sembari cuci mata), melakukan pekerjaan rumah tangga, berkebun, mengajak anjing peliharaan berjalan-jalan, dan bermain bersama anak (misalnya petak umpet atau lompat tali).

Jadi, supaya lebih sehat, aktivitas apa yang akan Anda coba lakukan hari ini?

Sumber: dari berbagai sumber

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.