Ayahkeren.id – Sudah makan berat tapi tetap saja merasa lapar? hati-hati terkecoh lapar palsu, dimana keadaan sesungguhnya tubuh tidak membutuhkan nutrisi namun tetap terjadi rangsangan atau stimulus sehingga memicu sinyal rasa lapar. Ketahui ciri-ciri lapar palsu dan penyebabnyaa berikut ini yah!

KETAHUI CIRI-CIRINYA LAPAR PALSU:

  • Merasa lapar lagi setelah makan berat
  • Merasa seluruh makanan menggugah
  • Merasa lapar ketika mencium aroma-aroma makanan
  • Ingin makanan tertentu (spesifik) dan terus menerus

CIRI-CIRI LAPAR ASLI

  • Merasa lapar bertahap dan sesuai jam makan ( sarapan, jam ngemil pagi dan sore, makan siang dan makan malam)
  • Tubuh menjadi lemas
  • Kurang konsentrasi
  • Merasa kedinginan atau Hipotermia

PENYEBAB LAPAR PALSU

KURANG PROTEIN, SAYURAN DAN BUAH

Kurang konsumsi sumber protein, sayur dan buah dapat membuat Anda cepat lapar kembali, makanan sumber protein seperti ikan, ayam, daging, telur, tahu, tempe dan kacang-kacangan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, serta kandungan serat dalam buah dan sayur dapat menahan rasa lapar dan menstabilkan gula darahmu.

KELELAHAN & DEHIDRASI

Ada baiknya Anda beristirahat sejenak bisa jadi itu hanya lapar palsu bahwa sebenarnya tubuh memerlukan istirahat bukan untuk makan, kelelahan juga membuat otak memberikan sinyal atau rangsangan ingin makan makanan manis. Selain kelelahan dehidrasi pun dapat memunculkan sinyal lapar palsu.

TERLALU BANYAK KONSUMSI KARBOHIDRAT SEDERHANA

Terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi gula seperti minuman manis, kue manis dan keripik asin, yang akan menyebabkan kadar glukosa dalam darah meningkat secara drastis dan turun secara cepat, sehinggga gula darah menjadi rendah dan hypotalamus di otak memerintah kita untuk segera makan yang cepat memberikan energi seperti makanan yang manis inilah yang membuat kita masih tetap merasa lapar.

KURANG TIDUR

Kurang tidur dapat memicu produksi hormon ghrelin (hormon rasa lapar) dan menyebabkan tubuh sedikit memproduksi hormon leptin (hormon rasa kenyang) inilah yang menyebabkan Anda merasa lapar terus-menerus

Demikian info, Atasi lapar palsu dengan membiasakan makan porsi kecil tapi sering, minum segelas air putih sebelum makan, makan porsi cukup,lengkap dan seimbang, jadwal makan teratur, tidur yang cukup dan hindari stress Yah. Semoga berhasil!

Sumber: dari berbagai sumber

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.